WordPress – Mengatasi Error “Submitted URL marked noindex” Oleh Google

Saya sedang asyik main HP dan tiba-tiba mendapat email dari Google Search Console Team.

Google mengklasifikasikan masalah ini sebagai Top Errors. Wah, jangan-jangan ini masalah besar.

Terlebih lagi postingan dari blog saya telat sekali di index nya oleh Google. Dari kurang lebih 15 postingan yang sudah saya publish, hanya 1 saja yang sudah ter-index.

Sebelumnya saya sudah bertanya-tanya kenapa postingan saya gak ke index sama Google. Tak tahunya dapat email bahwa ada masalah antara Google dan blog saya.

Serumit apakah masalahnya?

Sumber Masalah

Isi dari emailnya kurang lebih mengatakan kalau ada masalah coverage dari blog saya yang bisa mengakibatkan postingan tidak muncul di Google. Saya panik dong.

Surat cinta dari Google

Tanpa pikir-pikir lagi, saya cek langsung ke web nya. Dan ternyata ada 3 URL yang bermasalah.

URL yang menurut Google bermasalah

Kalau diperhatikan lagi, ternyata ketiga URL tersebut adalah halaman yang dibuat otomatis oleh WooCommerce. Saya memang menggunakan plugin tersebut di blog ini.

Perkiraan saya mungkin saja karena belum diisi produk apapun alias masih kosong, karena memang produknya belum saya buat.

Saya langsung mencari solusi masalah ini di Google. Dan ketemu dengan salah satu artikel yang masalahnya kurang lebih sama seperti yang saya alami.

Ternyata sumber masalahnya adalah karena ketiga halaman diatas ditandai sebagai ‘noindex’ oleh WooCommerce, tapi URL nya masih muncul di sitemap.

Mungkin Google akan ngomong seperti ini.

Ini kan halamannya ‘noindex’, jadi robot saya gak perlu meng-index-nya. Tapi kok masih ada di sitemap? Coba deh dibetulin, apakah halamannya yang salah ataukah sitemap nya yang salah?

Google – 2019

Solusi

Cukup meng-install salah satu plugin SEO, yang mana saja, harusnya sih di setiap plugin SEO ada pengaturannya.

Saya sendiri menggunakan plugin All in One SEO Pack. Intinya adalah supaya halaman yang ‘noindex’ tadi tidak muncul di sitemap.

Saya edit ketiga halaman diatas satu per satu dan men-ceklis bagian yang ada dibawah ini.

Pengaturan yang harus diceklis

Pengaturan ini akan membuat ketiga halaman diatas menjadi tidak muncul di sitemap, dan memberitahu Google kalau halaman ini tidak perlu di index dan tidak perlu muncul juga di Google search.

Lagipula ketiga halaman diatas tidak begitu penting jadi gak harus ke-index sama Google. Toh isinya juga dinamis dan cuma digunakan untuk keperluan di blog ini saja.

Balik Lagi ke Google Search Console

Masalah belum selesai. Langkah yang barusan saya lakukan hanya menyelesaikan masalah di pihak blognya. Sekarang saya harus menyelesaikan masalahnya juga dari pihak Google nya.

Yang perlu dilakukan cukup masuk ke menu Coverage di Google Search Console, dan menekan tombol ‘Validate Fix’ (lupa tidak saya screenshot).

Awalnya bertuliskan ‘Validate Fix’

Setelah menekan tombol tersebut saya harus menunggu karena statusnya ‘Validation started’. Jadi nanti akan di index kembali oleh Google. Tinggalkan saja. Cek lagi besok atau besoknya lagi atau tunggu di email saja oleh Google.

Dari informasi yang saya dapatkan, sebetulnya error seperti ini bisa diabaikan. Karena toh ketiga URL yang ‘noindex’ tadi bukan masalah juga jika tidak muncul di Google Search.

Tapi Google menyarankan untuk memperbaiki error nya jika memungkinkan. Jika mau ngopreknya dan jika ada waktunya.

Semoga tutorial ini bermanfaat dan blog teman-teman tidak ada masalah lagi sama Google.

Komentar