Memperbaiki Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Salah satu penyebab keyboard laptop jalan sendiri atau mengetik sendiri adalah kotornya bagian key dari keyboard.

Tiap-tiap key pada board nya terdapat celah yang tentu debu atau kotoran bisa masuk. Lama-lama debu ini menumpuk dan menyebabkan keyboard error atau salah satu key nya mengetik sendiri.

Solusinya adalah dengan membersihkan key yang error tersebut.

Buka key dengan mencongkelnya menggunakan obeng minus. Atau alat apapun yang penting bisa digunakan untuk mencongkel (pakai kuku juga bisa).

Pelan-pelan saja biar gak patah

Setelah dibuka key nya, kira-kira bentuknya seperti ini. Di tengahnya terdapat semacam karet dan di bagian inilah yang harus dibersihkan.

Saya membuka 2 key berdekatan yang error

Bersihkan menggunakan kuas atau apapun yang penting bisa bersih.

Pakai kuas paling cocok, tapi yang ini kebesaran, harusnya yang lebih kecil

Pencet-pencet juga karet yang di tengah, biar debu atau kotoran didalamnya hilang.

Setelah dibersihkan, jangan dulu dipasang lagi key nya. Cobain dulu dengan mengetik atau membiarkan laptopnya. Apakah masih mengetik sendiri atau tidak.

Sampai sini, harusnya keyboard sudah berjalan normal. Setidaknya itu yang saya alami, setelah key dibuka dan dibersihkan, keyboard laptop saya jadi normal kembali.

Cuma ada sedikit tips yang ingin saya sampaikan, pastikan kamu membuka key yang benar-benar error atau mengetik sendiri. Saya jadinya malah membuka 4 key.

Awalnya key yang mengetik sendiri itu tombol panah kiri. Saya buka dan bersihkan, masih tetap error. Malah sekarang jadi tombol P yang mengetik sendiri. Saya bersihkan key nya dan berhasil. Tapi malah balik lagi ke tombol panah kirinya mengetik sendiri.

Ternyata saya salah membersihkan tombol panah kiri. Di laptop kan biasanya ada 2 tombol panah. Di bawah dan di numpad (yang gabung dengan angka). Rupanya memang disitu yang error.

Saya buka numpad 4 (tombol panah kiri). Bersihkan. Dan kali ini berhasil. Keyboard laptop saya normal kembali.

Sekarang waktunya memasang kembali key pada board nya. Saya kesulitan awalnya, sampai harus membuka dulu key yang lain sebagai contoh.

Pasang dulu di key nya, bukan di board nya
Jika benar, harusnya seperti ini

Selanjutnya tinggal pasangkan kembali ke board nya. Tekan-tekan key nya sampai terdengar bunyi ‘cetrek’ tanda key sudah menempel pada board. Selesai.

Disclaimer: Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Saya tidak bertanggung jawab sama sekali jika hasil yang anda dapatkan berbeda dengan yang saya tuliskan di artikel ini.

Leave a Reply